Saturday, February 11, 2012

Antara Krisis dan Keangkeran Old Trafford

Antara Krisis dan Keangkeran Old Trafford - Menjamu Liverpool dalam lanjutan Premier League, Sabtu (11/2/2012), akan menjadi pertandingan besar penuh emosional buat Manchester United. Ini bukan sekadar meraih nilai tiga dan menjaga peluang juara, melainkan juga dendam dan kehormatan. Liverpool pun demikian.

Ini dua tim klasik yang merajai Premier League. Manchester United (MU) merasa bangga karena sudah melewati rekor Liverpool dengan mengoleksi 19 gelar Premier League, unggul satu gelar dibanding "The Reds". Mereka juga selalu digdaya jika tampil di kandang.

Namun, keangkeran MU kini terganggu oleh krisis pemain. Daftar pemain cedera di Old Trafford mengkhawatirkan Manajer Sir Alex Ferguson. Nemanja Vidic dan Darren Fletcher belum bisa main. Sementara itu, Phil Jones, kiper Anders Lindegaard, dan Michael Owen juga cedera. Tom Cleverly cedera angkel, sementara kondisi Chris Smalling dan Nani meragukan.

Sebaliknya, Liverpool dalam kondisi semakin lengkap. Terlebih lagi, kapten tim Steven Gerrard sudah bisa bermain lagi. Sementara itu, Jose Enrique yang sebelumnya absen saat melawan Tottenham Hotspur kini mulai sembuh.

Meski begitu, keangkeran Old Trafford tetap menakutkan. Mereka menang 22 kali di stadion itu dari 25 pertandingan terakhir dalam Premier League. Namun, mereka sempat kalah 2-3 dari Blackburn Rovers pada Desember 2011.

Melawan Liverpool di Old Trafford, mereka hanya kalah sekali dalam tujuh pertandingan. Secara keseluruhan, MU menang 38 kali, kalah 15 kali, dan 25 pertemuan lainnya di tempat itu berakhir seri.

Liverpool tak hanya datang dengan pasukan yang lengkap. Mereka juga baru saja terangkat moralnya setelah mengalahkan MU pada putaran keempat Piala FA di Stadion Anfield.

Selain itu, Liverpool tak ingin MU terus meninggalkan rekornya. Mereka bertekad menggagalkan usaha "Red Devils" untuk meraih gelar Premier League ke-20.

Namun, MU juga punya mental yang kuat. Mereka tak pernah menyerah sebelum pertarungan berakhir. Hasil seri saat bertandang ke kandang Chelsea merupakan cerminan mentalitas MU. Sudah tertinggal 0-3, mereka tak menyerah dan akhirnya menyamakan kedudukan 3-3.

MU memang krisis pemain. Namun, mereka tetap bertarung habis-habisan, apalagi melawan Liverpool. Sebaliknya, Liverpool selalu punya motivasi lebih setiap bertanding melawan MU.

Maka dari itu, pertarungan kedua tim ini bakal seru dan ketat. Keangkeran dan semangat Old Trafford menjadi modal besar Rio Ferdinand dkk. Namun, kelengkapan tim dan semangat Liverpool sering membahayakan.

Perkiraan susunan pemain

Manchester United:
De Gea,
Rafael, Ferdinand, Evans, Evra,
Valencia, Giggs, Carrick, Young,
Welbeck, Rooney.

Liverpool: Reina,
Johnson, Skrtel, Agger, Enrique,
Gerrard, Spearing, Adam,
Kuyt, Suarez, Bellamy.