Wednesday, February 15, 2012

Satu Gol Lagi, Messi Samai Raul dan Shechenko

Satu Gol Lagi, Messi Samai Raul dan Shechenko. Rekor dan rekor. Kata yang bakal melekat pada diri bintang Barcelona Lionel Messi. Malam nanti, bertempat di BayArena, andaikata mampu menjebol gawang Bayern Leverkusen di leg pertama babak 16 besar Liga Champions, striker mungil berpostur 169 cm itu bakal kembali menoreh rekor sebagai top skorer babak knock-out di ajang turnamen antarklub paling bergengsi di Benua Biru.

Sejauh ini, Messi yang memulai debutnya di Liga Champions di laga lawan Udinese, 27 September 2005, telah mencetak 18 gol di fase knock-out, jumlah yang sama dicapai mantan bintang Real Madrid yang kini membela Schalke 04, Raul Gonzalez, dan mantan penggedor AC Milan dan Chelsea Andriy Shevchenko.

Dari ke-18 gol yang dicetak Messi, enam di antaranya diciptakan ke gawang Arsenal. Sementara, tim-tim lainnya yang menjadi korban Messi adalah Real Madrid (2), Manchester United (2), Bayern Muenchen (2), Celtic (2), VfB Stuttgart (2), Olympique Lyonnais (2), dan satu gol ke gawang Shakhtar Donetsk. Di bawah Messi, Raul, dan Shevchenko, bercokol striker veteran AC Milan Filippo Inzaghi dengan perolehan 16 gol dan bintang Setan Merah Wayne Rooney dengan 14 gol.

Dengan usianya yang masih muda, 24 tahun, Messi diyakini bakal terus membuat rekor baru di ajang Liga Champions. Menilik jumlah total gol di kompetisi Eropa, Messi yang telah mencetak 43 gol berada di peringkat keenam dalam top skorer sepanjang masa, di bawah pencapaian Raul (71 gol), Ruud van Nistelrooy (56), Thierry Henry (55), Shevchenko (48), dan Inzaghi (46 gol).

Jadi, boleh jadi perayaan Valentine tahun ini bakal bermakna lain bagi Messi jika nanti malam ia mampu menjebol gawang Leverkusen yang tampaknya akan dikawal Rene Adler. Satu gol dari kaki Messi mengantarkannya ke puncak top skorer babak knock-out.